SEJARAH DESA PARIJATAH KULON

  21 Maret 2017  |  DESA PARIJATAH KULON

SEJARAH DESA PARIJATAH KULON          

Awal pertama kali berdiri pemerintahan desa Parijatah Kulon yaitu sekitar Tahun 1870 yakni pada masa penjajahan Hindia Belanda, sehingga sampai saat ini secara detail penyusunan sejarah desa masih sulit. Hal ini disebabkan para pinisepuh yang dapat menjadi sumber informasi justru telah meninggal dunia, praktis sejarah desa Parijatah Kulon relatif kabur.

            Cerita yang beredar di masyarakat Desa Parijatah Kulon menyebutkan bahwasanya, pada jaman Hindia Belanda ada seorang Adipati yang ikut berjuang melawan penjajah. Adipati tersebut merupakan orang terpandang pada masa itu. Selain kaya raya dia dikenal sebagai orang yang sangat dermawan, terutama untuk orang miskin. Konon setiap bulan Suro, Sang Adipati selalu membagikan hasil panen padi (pari) kepada seluruh penduduk yang ikut berjuang bersamanya sebagai imbalan atau jatah, wujud rasa syukur kepada Tuhan. Pemukiman penduduk yang terbiasa ber-suroan ala Adipati ini akhirnya kemudian lebih dikenal sebagai Desa Parijatah Kulon.

            Seiring dengan berjalannya waktu, maka Desa Parijatah Kulon kemudian dipecah menjadi Desa Parijatah Wetan, dimana secara geografis pembagian wilayah desa Induk dan desa hasil pemekaran dipisahkan oleh jalur transportasi dari dan ke Banyuwangi ( arah utara- selatan).

Contact Details

  Alamat :   JL. SEMPU NO 69. PARIJATAH KULON
  Email : parijatahkulon@gmail.com
  Telp. : 085745086252
  Instagram :
  Facebook :
  Twitter :


© 2019,   Web Desa Kabupaten Banyuwangi